24 Tool Terbaik Untuk Blogger


3 tahun yang lalu, saat saya baru mengenal blogging sangat susah mencari tool yang bisa digunakan blogger untuk memaksimalkan blog miliknya.

Tapi, sekarang sudah berbeda...

Sekarang sudah banyak sekali tool-tool yang beredar di dunia maya.

Tapi, hanya sedikit tool yang berkualitas.

Dan beberapa tool tersebut jarang diketahui oleh orang banyak.

Anda beruntung karena bisa menemukan artikel ini.

Karena di artikel ini, saya akan menjabarkan 24 Tool Terbaik Untuk Blogger.

Hanya tool terbaik dan sudah pernah saya coba yang saya tulis disini.

Tool yang saya tulis disini saya bagi menjadi 2 yaitu, Online, dan Offline:

Online: Perlu koneksi dengan internet.
Offline: Tanpa koneksi Internet (Harus di download terlebih dahulu).

1. Evernote


Saya menggunakan Evernote untuk menulis kerangka artikel sebelum di copy ke Blogger.

Dengan Evernote, semua catatan Anda bisa diakses dari mana saja.

Melalui komputer atau perangkat mobile semuanya bisa.

Alasan lainnya, tampilannya bersih, tidak seperti halaman postingan Blogger.

2. SumoMe


SumoMe memiliki berbagai macam fitur seperti, membangun mailing list, membuat tombol share, bahkan, SumoMe bisa meningkatkan Traffic blog anda.

Dengan semua fitur diatas, anda bisa lebih menghemat waktu anda untuk hal-hal lainnya (Seperti membaca artikel diblog saya XD ).

3. Keywordtool.io


Alternatif Keyword Tool selain Google Keyword Planner.

Untuk versi gratisnya, tool ini bisa membuat lebih dari 750 keyword dari 80+ bahasa.

Bayangkan, berapa keyword yang bisa dibuat jika menggunakan versi Pro-nya ༼ つ ◕_◕ ༽つ.

4. Google Translate + Grammarly


Apa yang terjadi jika Google Translate dan Grmamarly kita gabung ?

Yang terjadi adalah, anda bisa membuat artikel berbahasa inggris tanpa perlu pandai berbahasa Inggris ⚆ _ ⚆

Cukup translate artikel anda di Google Translate lalu download Ekstensi Grammarly di Chrome Webstore.

Terakhir, biarkan Grammarly mendeteksi kesalahan pada hasil translate artikel anda.

Jika terdapat kesalahan, langsung ganti kata tersebut.

5. Pablo



Anda tidak punya waktu untuk membuat gambar untuk artikel blog anda ? atau mungkin anda terlalu malas melakukan hal tersebut ?

Cobalah Pablo, hanya dalam 10 detik, anda bisa membuat gambar dengan teks untuk artikel di blog anda.

6. Snip.ly

Ini adalah tool kesukaan saya.

Sebab, dengan tool ini kita bisa memasang iklan di website-website besar tanpa bayaran, iya Gratis!

Sebenarnya, Snip.ly adalah tool URL Shortener, tetapi yang membedakan tool ini dari URL Shortener lain
adalah tool ini memiliki kelebihan pengaturan yang bisa disesuaikan dengan call-to-action ketika diklik.

Masih kurang jelas ? Coba lihat Screenshot di bawah ini:

Lihat kotak di bawah ujung kiri.

Ada pesan yang saya tulis disitu + Link.

Jadi, saat saya mempromosikan artikel tersebut ke sosial media, beberapa pengunjung di blog tersebut juga akan datang ke blog saya.

Enak bukan ?

7. Click To Tweet


Dengan tool ini, pengunjung hanya perlu menekan 1 tombol untuk men-tweet sebuah kata-kata ke akun twitter mereka.

Tool ini tersedia untuk wordpress (dalam bentuk plugin) dan Blogger (Baca Panduan pemasangannya Click to Tweetnya disini).


8. CSS Minifier


Tool ini saya buat berdasarkan code yang dibagikan Mbak Arlina.

Dengan tool ini, anda tidak perlu merapikan code CSS secara manual.

Cukup copy code dari halaman blogspot, lalu paste di kotak kosongnya, terakhir tekan tombol Compress CSS.

Maka secara otomatis code CSS anda akan tersusun dengan rapi.

9. StayFocusd

Saya biasa menggunakan StayFocusd untuk memblokir Facebook saat saya sedang menulis artikel untuk blog ini.

Anda bisa mem-program tool ini untuk memblokir email anda, menghentikan anda untuk melihat postingan di Facebook, melihat komentar terbaru di Disqus, melihat trending topic di Twitter, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengatur kapan dan berapa lama waktu untuk tool ini memblock suatu website.

10. Sublime Text


Saya sering menggunakan aplikasi ini saat sedang mengedit tampilan blog saya.

Kadang-kadang saya juga menulis artikel dengan aplikasi ini (─‿‿─).

11. Notepad++


Alternatif Text Editor dari Sublime Text.

Walaupun alternatif, tapi kelebihannya tool ini bisa di bilang 'setara' dengan Sublime Text.

Untuk perbandingan kedua tool ini anda bisa membaca artikel dari Mas Wibowo tentang Sublime Text 3 vs Notepad++.

12. Screaming Frog SEO Spider


Screaming Frog SEO Spider memiliki fungsi untuk menjelajah website kita (crawling) dan mengumpulkan data-nya untuk kita analisa.

Kalau anda serius dengan SEO dan belum menggunakan tool ini, segera download.

Versi gratis tool ini bisa meng-crawl 500 halaman, kalau anda ingin lebih silahkan beli langsung.

Ada lebih dari 55 fungsi alat ini, semuanya bisa anda baca disini.


13. MailChimp

Salah satu tool email marketing terbaik untuk saat ini.

MailChimp dapat membantu anda membangun email list dan mengirimkan email terjadwal.

Tool ini gratis untuk 2000 pelanggan mailing list anda.

14. TypeForm


Typeform adalah Tool Online Form yang serbaguna.

Dengan TypeForm, kita bisa membuat Survey, Contact Form, Polling, Form Registrasi, dan banyak lagi.

15. PicPick


Men-Screenshot layar Windows adalah hal yang sangat mudah, anda tinggal menekan tombol
  PrintScreen, buka aplikasi Paint dan klik Paste.

Selesai.

Tapi, untuk beberapa jenis screenshot seperti hanya menangkap jendela aplikasi yang aktif,
menambahkan watermark otomatis, menyimpan gambar dengan format tertentu dan sebagainya
Paint bukanlah jawabannya.

Gunakan PicPick.

PicPick punya banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan Paint.

16. Pixabay


Saya sering mendownload gambar dari website ini untuk digunakan pada blog saya.

Semua gambar yang disediakan oleh Pixabay berlisensi CC0 yang artinya boleh digunakan dan dimodifikasi secara gratis tanpa memberikan link balik.

17. Adobe Color


Adobe Color adalah Tempat terbaik untuk menemukan inspirasi skema warna untuk desain karya anda.

Beberapa gambar dari blog ini skema warna-nya saya ambil dari Adobe Color (• ε •).

18. Feedly


Gambar saya ambil dari liveandsocial.com

Tool RSS Reader terbaik saat ini.

Berfungsi untuk berlangganan dengan website-website yang bacaannya menurut anda menarik.

Saya sempat menggunakan tool ini di smartphone saya. (¬‿¬)

19. Buzzsumo


Gambar saya ambil dari www.socialmediatoday.com

Buzzsumo Mencari konten terbaik yang disukai pembaca melalui tingkat social share-nya.

Anda bisa menggunakan BuzzSumo untuk membuat konten baru yang lebih baik dari ide yang sudah ada.

Untuk versi gratisnya, Buzzsumo hanya bisa mencari 10 konten saja.

Jika ingin yang lebih, anda bisa menjadi pro.

20. IconFinder


Saya biasa mencari icon di website ini.

Menurut saya, IconFinder cukup lengkap dalam menyediakan icon gratis.

21. iMeme


Butuh sesuatu yang lucu untuk konten blog anda?

Buatlah Meme Dengan iMeme.

Hanya dengan beberapa klik saja, anda bisa membuat sebuah meme yang lucu (Tergantung Jokes apa yang anda buat (¬‿¬).


22. MemeGenerator


Alternatif meme creator dari iMeme.

yang membedakannya dengan iMeme adalah Memegenerator bersifat Online.

Selain itu, Memegenerator punya lebih banyak frame Meme daripada iMeme.

23. RIOT


Tool untuk men-kompress gambar tanpa mengurangi kualitas gambar.

Saya selalu menggunakan tool ini sebelum meng-upload gambar di blog saya.

24. Disqus



Sistem komentar terbaik saat ini.

Disqus menyuguhkan sistem komentar yang indah di akhir konten blog Anda.

Saya juga menggunakan Disqus di blog saya ini dan saya sangat menyukainya.

Ingin Menyebarluaskan ulang artikel ini ? ( repost, reshare, copas dan sejenisnya) ? Harap baca dan patuhi Kebijakan Penyebarluasan Ulang Konten, setelah itu silahkan lakukan yang anda inginkan terima kasih.
Click to Show CommentsHide Comments

AXnael Blog

Name

Email *

Message *