8 Tips Mudah Untuk Membuat Power Point Yang Menarik

8 Tips Mudah Untuk Membuat Power Point Yang Menarik

Sobat pasti sangat mengenal apa itu powerpoint dan pastinya sudah tidak asing didengar oleh telinga Sobat karena sering kita jumpai dalam alam sekolah ataupun di alam lainnya.

Dalam lingkungan sekolah sering kita jumpai slide presentasi dari powerpoint yang digunakan oleh guru untuk membantu proses belajar mengajar di dalam kelas.

Yang akan saya bahas kali ini adalah 8 Tips Mudah Untuk Membuat Power Point Yang Menarik.

Oke langsung saja silahkan dibaca tips-nya.

1. Gunakan Background Yang tidak menyakitkan Mata.

Untuk background saya sarankan Gunakan warna - warna Flat atau datar agar tidak membuat mata Audiens sakit.

Contoh warna flat atau datar bisa di lihat di website ini.

Di website itu sudah di sediakan banyak warna flat yang siap di gunakan.

2. Gunakan Font yang Jelas Saat di Baca.


Untuk font bisa di kreasikan se-menarik mungkin tetapi tetap harus bisa di baca dengan jelas.

Saya sarankan gunakan font Calibri (Body) dengan ukuran 32 untuk tulisan-nya dan ukuran 44 untuk judul-nya.

3. Buang Bullet Point dari Power point Sobat.


Ini yang paling sering saya liat kalo temen saya presentasi di depan kelas. Setiap tulisan pasti awalnya di berikan bullet point. Saran saya sih gak usah di pake si Bullet point ini. Kenapa saya saranin gak usah di pake ? karena dengan menggunakan bullet point ini maka power point Sobat akan terlihat standar banget kayak gak ada variasi-nya. Jika terpaksa gunakanlah beberapa saja.

4. Buat Slide Pembuka Se-Menarik Mungkin.


Untuk Slide pembuka saya sarankan buatlah se-menarik mungkin. Karena slide pembuka akan memancing minat audiens untuk menonton presentasi Kita. Perhatian audiens akan langsug tersita bila slide pembuka dibuat semenarik mungkin. Tapi ingat jangan berlebihan.

5. Kurangi Teks Perbanyak Gambar.

Untuk teks usahakan jangan terlalu banyak. Jangan taruh seluruh teks ke dalam presentasi Sobat. Ini sama artinya Sobat menyuruh audiens membaca teks tersebut dan tidak perlu mendengarkan Sobat lagi karena semuanya sudah tertulis. Saran saya Perbanyak gambar dan sedikitkan Tulisan. Kenapa ? Karena gambar bisa memberikan puluhan kali lipat informasi. Dan manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan.

6. Gunakan Huruf Kapital Seperlunya.

Jangan gunakan Huruf kapital pada seluruh teks power point Sobat. Karena jika menggunakan huruf kapital Pasti akan MENGGANGU AUDIENS AUDIENS DAN MEMBUAT SOBAT SEOLAH MARAH KEPADA AUDIENS. Gunakan-lah Huruf Kapital hanya untuk judul atau header silde.

7. Jangan Gunakan Animasi Doraemon atau Sejenisnya.


Animasi bergerak memang di butuhkan untuk presentasi apalagi jika itu berhubungan dengan tema presentasi Sobat. Tapi, Jangan pernah sekali - kali menggunakan Animasi Burung Bernyanyi atau Animasi Doraemon melambaikan tangannya. Karena ini akan Membuat presentasi Sobat terlihat tidak profesional dan terkesan bermain - main di mata audiens.

8. Jangan Bold / Italic / Underline Secara Berlebihan.


Pergunakan Bold / Italic / Underline seperlunya saja. Gunakan untuk mempertegas kata - kata yang di utamakan saja. Jangan di gunakan di Semua tulisan.

Nah, itulah 8 Tips Mudah Untuk Membuat Power Point Yang Menarik. Semoga dengan adanya Tips diatas bisa membuat Power point Sobat Semakin Bagus dan Keren Amin...

Terima Kasih dan Selamat Mencoba

Ingin Menyebarluaskan ulang artikel ini ? ( repost, reshare, copas dan sejenisnya) ? Harap baca dan patuhi Kebijakan Penyebarluasan Ulang Konten, setelah itu silahkan lakukan yang anda inginkan terima kasih.
Click to Show CommentsHide Comments

AXnael Blog

Name

Email *

Message *